Dear Job Seeker. Lakukan Hal Berikut Saat Cari Lowongan Kerja di Internet

Dahulu, mencari pekerjaan adalah aktivitas yang bisa sangat melelahkan bagi banyak orang. Sebab, semua informasi lowongan kerja hanya bisa didapatkan melalui koran, majalah, atau datang langsung. Belum lagi, para pencari kerja harus mengirim lamaran yang masih mengandalkan media fisik. 

Pengiriman surat lamaran kerja pun masih dilakukan secara manual dengan cara mengirimkan berkas dan dokumen melalui jasa layanan pos. Namun, kehadiran teknologi digital saat ini memberi peluang kepada para pencari pekerja untuk melamar kerja secara efisien. Kini, mereka bisa melakukan pencarian sekaligus melamar kerja tanpa perlu keluar rumah karena semua bisa dilakukan secara online antiribet.

Berkembangnya teknologi internet telah menggantikan peran media fisik sehingga semua bisa dilakukan hanya melalui sebuah gadget. Apalagi menjamurnya layanan situs pencari kerja yang resmi dan terpercaya semakin memudahkan proses mencari kerja, melamar, hingga pengaturan jadwal wawancara kerja.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), jumlah angkatan kerja di Indonesia per Agustus 2022 meningkat hingga 3,57 juta orang (dari total 143,72 juta) bila dibandingkan dengan periode sebelumnya. Banyaknya jumlah angkatan kerja menjadikan pencarian pekerjaan secara online menjadi salah satu opsi yang banyak dipilih. Terlebih pascapandemi COVID-19, mayoritas kegiatan dilakukan tanpa bertatap muka.

Kemudahan Mencari Kerja Secara Online

Lantas, bagaimana internet memudahkan pencarian lowongan pekerjaan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan lewat internet.

1. Mesin Pencari Pekerjaan

Saat ini, ada banyak situs pencari pekerjaan yang dapat diakses secara online seperti Kalibrr, Loker.id, Karir.com, JobStreet, dan lainnya. Situs ini menyediakan fitur mesin pencari pekerjaan atau job search engine. Melalui situs ini, kamu bisa mencari posisi yang tersedia di perusahaan-perusahaan atau dalam industri tertentu, berdasarkan lokasi, jenis pekerjaan, dan kriteria lainnya.

2. Website Perusahaan

Seiring berkembangnya zaman, banyak perusahaan yang telah memiliki laman 'karir' di website resmi mereka. Laman ini menampilkan posisi yang tersedia, kriteria yang dibutuhkan, dan cara untuk mengajukan lamaran. Ada juga informasi tambahan tentang perusahaan dan budaya kerja mereka.

3. Media Sosial

Pencari kerja dapat memanfaatkan situs media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Instagram, Facebook, bahkan TikTok, untuk memperluas jaringan dan menemukan lowongan pekerjaan. Coba lah ikuti akun perusahaan, berpartisipasi dalam grup yang relevan, dan membagikan informasi tentang pencarian pekerjaan mereka sendiri.

4. Aplikasi Pencari Kerja

Mayoritas situs pencari pekerjaan juga memiliki aplikasi yang bisa diunduh di perangkat smartphone. Pencari kerja bisa memperbarui profil dan mencari pekerjaan yang cocok dengan preferensi mereka secara mudah. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan pengguna untuk melamar pekerjaan langsung dari aplikasi.

5. Job Fair Online

Banyak perusahaan mengadakan job fair atau bursa kerja online. Di sini, para perusahaan akan menampilkan posisi yang tersedia dan memberikan kesempatan untuk berbicara langsung dengan tim perekrutan. Pencari kerja dapat mendaftar dan menghadiri acara ini dari rumah masing-masing.

Tips Mencari Kerja Secara Online

Mencari kerja secara online tentunya juga memerlukan persiapan yang matang, mulai dari mencari lowongan pekerjaan yang tersedia, mengirimkan CV dan dokumen lamaran lainnya, hingga interview.

Internet memiliki peran yang sangat besar dalam hal ini. Lantas, apa saja yang perlu menjadi perhatian ketika melakukan proses melamar? Berikut tips mencari kerja secara online.

Mencari kerja secara online tentunya juga memerlukan persiapan yang matang, mulai dari mencari lowongan pekerjaan yang tersedia, mengirimkan CV dan dokumen lamaran lainnya, hingga interview.

Internet memiliki peran yang sangat besar dalam hal ini. Lantas, apa saja yang perlu menjadi perhatian ketika melakukan proses melamar? Berikut tips mencari kerja secara online.

1. Pastikan Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Aktivitas yang dilakukan secara online membutuhkan jaringan internet cepat dan stabil, jadi pastikan provider internet yang digunakan mampu memenuhi kedua kebutuhan tersebut. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jaringan internet fiber optik. Misalnya seperti yang dimiliki oleh IndiHome dari Telkom Indonesia, atau beberapa provider lainnya. Koneksi internet yang cepat memastikan segala aktivitas melamar kerja secara online dapat dilakukan dengan lancar, mulai dari mengirim dokumen, hingga melakukan interview online.

2. Gunakan Situs dan Aplikasi Pencari Kerja Resmi

Situs dan aplikasi pencari pekerjaan bisa dengan mudah ditemukan di internet dan sangat beragam. Pastikan situs yang kamu pilih resmi dan memiliki reputasi yang baik serta terpercaya. Kelebihan dari situs dan aplikasi pencari kerja resmi adalah jaminan penanganan secara profesional bila terjadi isu.Cara mengetahuinya situs dan aplikasi resmi adalah dengan melihat daftar perusahaan terverifikasi yang ada, ulasan para pencari dan penyedia pekerjaan pada laman situs. Situs dan aplikasi resmi juga biasanya diakui oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.Saat mengakses situs dan aplikasi pencari kerja, tetaplah waspada terhadap penipuan. Sebab, terkadang penipu kerap mengincar pelamar kerja dengan meminta sejumlah uang agar lamaran bisa cepat diproses. Bila menemui hal ini, segera lapor ke admin, karena situs dan aplikasi resmi akan segera menindak pelaku dengan 

3. Buat Halaman Profil yang Menarik

Agar halaman profil terlihat menarik, pastikan untuk mengunggah foto yang rapi, sopan, dan terlihat profesional. Sertakan juga deskripsi diri singkat, serta informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon.Pastikan untuk mengunggah resume atau CV terbaru yang berisi data diri, informasi pendidikan dan pengalaman kerja. Bila dirasa perlu, cantumkan juga akun-akun media sosial.Bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja permanen maka bisa mencantumkan pengalaman magang, freelance, part-time, atau proyek-proyek lain yang pernah dikerjakan. Bila memiliki keterampilan khusus, pastikan untuk dijelaskan apakah teknis atau interpersonal.Portfolio juga menjadi salah satu bagian penting dari lamaran kerja. Bila memilikinya, maka unggahlah sebagai bagian dari dokumen pelengkap.Secara keseluruhan, internet membuat pencarian lowongan pekerjaan lebih efisien dan mudah diakses, sehingga membantu para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka.

Sumber: detik.com